Selasa, 11 Maret 2014

DINDA CRESSIDANTO

Karena permintaan seorang teman, akhirnya gue ngepost lagi deh di blog ini.

Jadi, temen gue si Danto, tanggal 2 Maret kemarin telah melangsungkan pernikahannya. Beberapa hari sebelumnya Danto nge-whatsapp gue, intinya minta gue menulis tentang pernikahannya di blog.
Karena bingung mau nulis apa, gue nanya aja ke Danto apa yang harus ditulis. Dia menjawabnya seperti ini.

“Apa kek…”
“Bilang kek gini”
“Akhirnya sahabat gw yg paling kece, baik, ramah tamah tidak sombong rajin menabung nikah”
“Abis itu lo terusin dah”

Tuh. Udah gue tulis, To. Cukup kan?
  
Gue lagi gak ingin menulis tentang pernikahan Danto. Gue lebih  ingin menulis tentang salah seorang sahabat terbaik yang Tuhan kasih buat gue, Dinda Cressidanto.

ini penampakan Danto
***

Pertama gue kenal Danto adalah karena gue sekelas waktu kelas satu SMA. Gue gak inget gimana pertama kali kita kenalan. Kesan-kesan awal kenal danto adalah, ini anak kok lemot bener ya. Jujur aja, gue dan Surya (temen sebangku gue saat itu) pernah bertanya-tanya kalo si Danto tuh lemot beneran atau enggak. Tapi akhirnya ya udahlah, Danto gak lemot-lemot amat sebenernya. Cuma emang suka gak nyambung aja kalo di ajak ngomong. Lagian Semester berikutnya dateng lagi anak baru di kelas yang ternyata lebih lemot lagi dari Danto.

Sebenernya gue gak ada masalah si Danto ini mau lemot atau enggak. Yang bikin gue sebel adalah setiap ada ulangan, nilai dia lebih gede dari gue. Nilai raportnya juga lebih tinggi. Yaa gue sih berprasangka baik aja. Mungkin kemampuan nyonteknya lebih tinggi dari gue.

Proses pertemanan gue dengan Danto dan beberapa teman lain seperti Sandro, Rio, Afi, Anit, Evel dimulai karena kami punya kebiasaan untuk tidak langsung pulang setelah bel pulang sekolah.  Ditambah fuad dari kelas sebelah, yang rumahnya sering kita kunjungi di hari sabtu dan Mpay yang waktu itu jadi pacarnya Danto. Jadilah kita mulai sering main-main bareng di sekolah, dan selanjutnya kita mendeklarasikan diri sebagai sebuah grup. Namanya 9 Planet. Lucu yah. Untuk 9 planet ini mungkin ceritanya akan gue tulis dengan judul tersendiri di blog ini.


Yaoloh, geseng-geseng amat ya

Kembali ke Danto, gue inget waktu kelas satu di kelas tuh kita main silsilah keluarga gitu, gue kebagian berkeluarga sama Danto, punya anak si Rio dan Nurul. Yang lucu tuh karena Danto pacaran sama Mpay, si Nurul manggil gue ‘Papih’, manggil Mpay juga ‘Papih’, dan ini anak bahagia punya dua Bapak. Sampe sekarang kalo ketemu gue, si Nurul masih aja manggil gue ‘Papih’. Padahal dia sendiri udah punya anak sekarang. Papihnya aja masih jomblo gini. Anak macam apa itu.


Yang lagi gendong anak itu Nurul

Oiya, Danto itu punya kebiasaan buruk. Buruk banget menurut gue. Suka gonta ganti nama orang seenaknya. Pas baru kenal aja dia semena-mena aja manggil gue Cahyo. Alesannya katanya gue mirip temennya dia dulu yang namanya Cahyo. Gak berhenti di situ, ternyata  dia mulai mengembangkan nama gue, yang awalnya Cahyo doang jadi Cahyomun sampe akhirnya fix manggil gue mun. Betenya tuh panggilan itu nular ke temen-temen yang lain. Akhirnya pas kelas 3 hampir satu kelas manggil gue mun, yang  kalo ditulis, berevolusi jadi moon. Apalah coba.

Si Danto ini juga paling nyebelin kalo udah ceng-cengin gue, sampe sekarang masih nyebelin. Tapi sekarang gue udah belajar melawan. Kalo dulu ya udahlah gue kalah mulu. Walopun saling suka ngeledek, kita sama-sama tau lah itu cuma becanda. Walapun kadang pengen gue jitak juga pake meja guru kalo udah nyebelin. Pokoknya kalo lagi ngeledekin itu mukanya nyebelin banget deh.


***

Ada satu hal yang gak akan gue lupakan dalam hidup.

Pada saat masa-masa akhir sekolah. Teman-teman gue punya kesibukan baru, ikut bimbel untuk mempersiapkan diri menghadapi SPMB. Gue pada saat itu gak ikut bimbel apa-apa. Boro-boro ikutan bimbel, bayaran bulanan sekolah aja suka telat. Sebenernya pada saat itu gue udah pasrah, mungkin gue gak akan langsung kuliah setelah lulus. 

Tiba-tiba pada suatu hari, dateng lah Danto dan Mpay ke rumah gue. Mereka menawarkan gue untuk nerusin bimbelnya Danto, biar gue bisa ikutan belajar dan punya bayangan bagaimana soal-soal ujian SPMB nanti, juga bisa mengintip peluang gue bisa masuk di Perguruan Tinggi Negeri mana lewat try out tiap minggunya. Kebetulan pada saat itu Danto udah diterima di IPB lewat jalur PMDK. Persyaratannya kalo gak salah gue cuma perlu bayar biaya balik nama lima puluh ribu rupiah. Gue ngomong ke nyokap, beliau mengiyakan. Jadilah gue ikut bimbel pertama kali dalam hidup. Pada saat itu gue seneng banget. Terharu juga sih, ternyata temen-temen gue ini bukan hanya jadi temen buat haha hihi doang, tapi punya arti lebih dalam dari itu. Hubungan pertemanan dengan ke-8 sahabat gue ini membuat gue percaya, kalo persahabatan yang tulus itu benar-benar ada, bukan hanya dimiliki oleh Cinta, Alya, Carmen, Milly dan Maura saja.


Setelah melewati SPMB, Alhamdulillah gue lulus pilihan kedua, IPB. Ternyata gue satu kampus sama Danto. Anehnya, di kampus kita gak terlalu deket. Jarang banget ketemu, kalopun ketemu di jalan misalkan, palingan cuma nyapa seiprit. Sumpah, kayak orang kenal muka doang. Tapi kalo ngumpul di Bekasi bareng 9 planet jadi temen lagi, becanda-becanda lagi. Aneh banget.

Oiya setelah menjalani LDR Bogor-Depok yang disertai putus-nyambung. Mpay dan Danto akhirnya benar-benar putus. Gue lupa kapan putusnya, karena itu enggak penting. Yang hebat menurut gue adalah bahwa setelah putus mereka bisa jadi teman seperti biasa lagi, walaupun agak canggung awalnya. Tapi selanjutnya kita tetep bisa ngumpul bersembilan haha hihi bareng. Salut.


***

Pacar terakhir Danto adalah Rusdi (sekarang suaminya). Bokapnya Mpay pun namanya Rusdi. Masa-masa mereka pacaran cukup ngeribetin kami bersembilan kalo mau ngumpul atau main bareng, karena si Rusdi sedikit tidak rela (baca: suka ngelarang) kalo Danto harus main bareng mantannya lagi. Kita sih awalnya sebel, tapi lama-lama si jadi cukup ngerti lah, walaupun sebelnya gak berkurang.Hehe. Becanda bro!


Mendengar kabar Danto mau menikah, kami bahagia sekaligus sedih. Bahagia tentu saja karena teman kami sebentar lagi akan memasuki fase baru dalam kehidupannya, sedih juga karena takut gak akan bisa main bareng Danto lagi, takut gak dibolehin suaminya, hhe. Tapi gue percaya, kedepannya akan berjalan baik-baik aja. Buat kebahagiaan Danto dan suaminya, dan buat hubungan pertemanan kita. Apalagi, Mpay dan Rusdi udah berpelukan di pelaminan. Horee! Selamat-selamat!!




tim ketering
***

Buat Danto, gue doain lo dan suami bahagia selalu, rukun-rukun selalu, cepet ngasih keponakan pertama buat 9 planet, senantiasa dilimpahi keberkahan, masih bisa main-main sama kita walaupun pasti ada jam malamnya sekarang. Doain juga buat kita-kita yang belom nikah.

Buat Rusdi, maaf ya di tulisan ini gue banyak banget nyebut nama Mpay,hee. Gue percaya kalo elo yang terbaik buat Danto. Tolong bilangin Danto jangan suka nyebelin, kurangin lemotnya. Sering-sering main bareng sama kita yaa. Kita asik-asik kok orangnya.

Oke segitu aja tulisan gue buat Danto. Udah ya To, jangan request gue nulis lagi. Selamat menempuh hidup baru. Sukses.

Dadaaaah!


2 komentar:

  1. kirain danto itu cowok dik, hehe. everlasting friends! *bukan fans suju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang fansnya suku namanya everlasting friends ca?

      Hapus