Minggu, 09 September 2012

daeri 9 sepember

Oke lah lo mau bilang mengalir aj. Tapi mau mengalir kemana?

Kurang lebih 3 minggu yang lalu. Seorang teman, katakanlah sahabat, berbicara seperti itu ke gue. Setelah pembicaraan panjang dari obrolan kita bersama. Yah, sore itu, gue dan teman-teman SMA seperti biasa kalo kita liburan akan selalu menyempatkan waktu untuk bertemu. Sekedar makan bersama lalu bercerita panjang setelahnya. Tapi enggak seperti biasa, obrolan kita lebih mengarah ke pembicaraan serius walaupun diawali dengan saling bercanda.

Sebenernya gue mo nulis apa sih?

Hmm, mungkin kasarnya kayak gini ya : Lo mau bawa hidup lo kemana sih? udah punya tujuan belom? target jangka pendek? jangka menengah? jangka panjang? rencana nikah? punya rumah? punya anak? beliin anak tamagochi? 

Yak, setelah gue pulang ke rumah, gue jadi kepikiran kata-kata temen gue. Gue diingatkan kembali kalo gue udah bukan remaja lagi. Gue udah 24 tahun. Gue bukan dicky kecil lagi yang masih suka ngorek-ngorek comberan, pipis sembarangan. Mana mungkin gue yang sekarang bisa pipis sembarangan. Umm, bukan gitu si maksudnya. Sekarang bukan lagi gue yang tinggal ngikutin mesti sekolah SD, SMP, SMA dan Alhamdulillah ngerasain kuliah. Bukan lagi gue yang minta disekolahin dimana asal otak nyampe. Sekarang gue punya hidup yang harus gue susun.


Sebenernya bukan berarti gue gak punya tujuan. Gue sudah memulainya, mulai menulis, mulai gue perinci, dan hanya gue yang tahu. Seenggaknya walaupun pada suatu saat nanti gue berbelok ke arah lain, kalo emang lebih baik kenapa enggak. dari pada gue jalan sembarangan gak tau mau kemana.

Cuma emang dasarnya gue, lebih sering lupanya. Ketika gue sedang berada pada posisi nyaman, gue sering lupa bahwa gue sebenarnya perlu untuk berpindah. Karena walopun nyaman kalo lo masih disitu-situ aja juga percuma. Beberapa teman sudah melakukan itu, ada yang lanjut S2 walaupun harus meninggalkan pekerjaan yang dicintainya. Ada yang udah melompat ke negeri seberang, Ada yang mesti masuk ke pedalaman hutan, menjadi reporter, karyawan bank, seniman, guru, penyanyi dangdut keliling. Kayaknya yang terakhir itu ga ada deh. Tapi yang gue yakin, mereka melakukan itu semua bukan tanpa alasan. Dan membutuhkan keberanian untuk melakuan perpindahan seperti itu.

Mungkin saat ini gue perlu menata lagi kemana nantinya gue bakal bermuara. Yang pasti, jangan biarkan hidup lo mengalir gitu aja. Lo mesti tau kemana tujuan lo, dan lo mesti berenang, kalo perlu bikin perahu sekalian.

Sebenernya gue pengen nulis rada panjang, tapi segini juga udah berasa absurd. Dan besok senin, gue harus tidur. Sekian dulu aja deh curhatan mama dedeh. Semangat dan tetap saling mendoakan ya :)



cup cup wawaw



2 komentar:

  1. beliin anak tamagochi?? haha.
    anyway gw setuju dik, rencana hidup emang harus ada ya. dan umur segini makin banyak yg jadi pikiran. hik. kadang gw malah pengen balik jadi anak kecil lagi *lari dari kenyataan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener cha. Umur kadang terasa bergerak lebih cepat dari hati dan pikiran kita.

      Hapus